Sabtu, Januari 03, 2009

Ke-Pekanbaru-an_ku Diragukan...






Diragukan.. Aku anak Pekanbaru..
Lho, kok.....?

Ceritanya begini..
Hari Kamis, 1 Januari 2009 yang lalu, aku dan adikku diajak jalan-jalan keliling kota Pekanbaru sama Om Hendri, adik laki-laki Mamaku yang paling bontot (Woiiiii..., pengumuman.. pengumuman.. !!! Om Hendri-ku ini masih jomblo lho.... !!Usia 35 tahun, PNS di Dinas Perkebunan Kuansing, penampilan bisa dibilang atraktif, mapan banget, dah punya mobil sendiri, bagi siapa yang berminat, silakan hubungi keponakannya yang manis ini.. Haks haks..).

Hari libur gitu lho.. Secara Om-ku ini datang dari Kuansing (Kab. Kuantan Singingi) ke Pekanbaru buat menghabiskan "cuti bersama"nya.. Dan diajaklah dua keponakannya yang adorable ini. Maksud hati sih, biar kami berdua yang jadi guide-nya. Kan kami ngakunya "lahir_dan_tumbuh_kembang_di_Pekanbaru". Otomatis lebih tahu jalan. Tapi ternyata........

Ya, aku dan adikku memang lahir dan dibesarkan di Kota Seribu Ruko ini. Tapi, sejak lebih dari setengah dasawarsa ini, aku dan adikku merantau ke Kotanya Bika Ambon (He he, jadi ingat ma iklan salah satu susu formula balita di TV : "Katanya dari Medan, kok oleh-olehnya Bika Ambon..? Kan beda kota.."). Ya kuliah, dilanjutkan dengan Ko-As.. Mudik ke PKU jarang banget. Apalagi saat dah Ko-As, paling pas Lebaran aja. Itupun gak lama.. Dan nyatanya, bukan bermaksud untuk narsis, Pekanbaru mengalami perkembangan yang sangat pesat akhir-akhir ini. Banyak yang sudah berubah. Dan malangnya, kami berdua tidak terlalu "ngeh" pada semua perubahan itu..

Pagi itu, Om mengajak kami jalan-jalan ke Rumbai. Trus singgah di Danau Buatan Lembah Sari. Ehem.. Sebenarnya ini bukan ide yang bagus menurutku. Rumahku yang berada di kawasan Simpang Tiga (ujung ke ujung dengan Rumbai) membuatku jadi gak begitu hafal dengan jalan-jalan di Rumbai. Maklum, maennya hanya ke kota aja, paling banter sampe Pasar Bawah. Konon pulak ke Danau Buatan.. Mmmmhhhh...

Tapi, ya udah lah.. Pekanbaru gak seluas Medan, jalan-jalan di sini lebih teratur, gak gitu pening buat mencari suatu tempat, pikirku.. Kalo gak tahu tanya aja ke orang-orang. Kok repot..

Ternyata emang kejadian.. Memang betul kata pepatah, "Malu bertanya, jalan-jalan.." He he..
Pokoknya gak tahu deh udah berapa kali kami salah jalan, mondar-mandir di situ-situ aja buat sampe ke Danau Buatan. Waktu dah sampai ke Jl. Sekolah (sebenarnya dari tadi udah nyampe ke Jl.Sekolah kale', tapi kami balik arah lagi ke jalan besar, terus jalan terus sampai gak terasa ternyata udah mau ke Minas, * sekalian aja ke Medan Om..!* he he..), adikku nelpon Papa. Dan akhirnya tahu juga jalan menuju ke Danau Buatan. Bis mentok Jl.Sekolah, belok ke kiri, trus kalo dah jumpa Kantor Lurah, belok ke kanan (jalan ke tiga setelah Kantor Lurah). Akhirnya, nyampe juga ke Danau Buatan. Fffiiiuuuhhhhh....

Om-ku sempat-sempatnya ngoceh, "Kayaknya Om salah bawa orang deh, buat jadi guide.. Sama-sama gak tahu nih kita.."

Arti statement di atas, Om meragukan Ke-Pekanbaru-An kami.. Ugh..!

Aku dan adikku menjawab, "Ya iya lahhhhhhhhhhh.......... !!"

Wuihhhhh, ternyata di sana rame banget. Kami jadi gak mood buat maen-maen di sana. Toh, kami sebelum-sebelumnya juga pernah ke sini. Kali ini gak singgah pun tak apelah.. Lagipula hari sudah siang, dan perut kami dah pada keroncongan.

Lalu kami sepakat buat makan nasi soto di RM. Inyiak Sanang (mohon diralat kalo aku salah nama). Katanya sih, soto daging di sana terkenal enak. Setelah kami buktikan, Subhanallah... Emang mak nyuss ! Om, makasih ya, udah traktir kami....! ^_^

Dari Rumbai, kami lanjut ke Panam, lewat Jl.Riau terus ke Jl.Soekarno Hatta (Arengka). Tadi sih, ada rencana mau maen-maen ke Mal Ciputra Seraya. Tapi lagi-lagi gak mood. Rencana mau singgah di WaterBoom "Nailah". Woiii.... Om, bilang-bilang dunk sebelumnya kalo mau ke WaterBoom..! Kami gak ada bawa baju ganti. Gak sah rasanya kalo gak main air di sana. Ntar kena omel ma Mama di rumah kalo kami pulang dalam keadaan basah kuyup. He he..

Ternyata Om-ku emang hanya mau numpang lewat aja di sana. Ntar kapan-kapan Om-ku bisa ke sana sendirian karena dah tahu jalannya.. OK deh..

Akhirnya, menutup acara jalan-jalan hari ini. Dari Panam, langsung cabut ke Simpang Tiga. Pulang ke rumah..


Satu pelajaran yang kuambil : Jadilah anak Pekanbaru sejati. Hapal lah setiap jalan di kota ini.. Jangan sampe nyasar lagi..



Gambar dicomot dari sini, sini, dan sini.
Thanks to
www.skyscrapercity.com

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Santai, ci..Dirimu masih ada temen..

Meski gak kemana2..daku juga kurang hapal daerah Pekanbaru yang luas ini.
Kecuali wilayah rumah, kampus dan tempat2 publik rasanya tempat2 yang nun jauh di sana pun aku gak begitu hapal..

*mengingat pernah kesasar ama EVA waktu mo nonton Lomba Robotic he..he..*

Anonim mengatakan...

So ...
Pekanbaru sekarang it's not only about ...
Pasar Bawah, Senapelan dan Jln Sudirman saja ya ...

Aku liat fotonya ... ada banyak gedung baru rupanya ...

Kalo tugu pesawat itu ? mmm itu udah dari dulu ada keknya

(heheh komen OOT ya ...)
Salam saya bu ...

Suzi Leoni mengatakan...

@ Putri

Oya Put...? Syukurlah kalo begitu. Ada kawan. He he..
Diriku baru belakangan ini aja "memperpanjang langkah" di sekitaran PKU, sambil nyari2 tempat job yang okeh.. He he..
Enam tahun "kutinggal" kota kita tercinta ini pesat kali perkembangannya ya..

@nh18

Betul Pak.. Sekarang PKU bukan hanya sekedar Pasar Bawah, Senapelan dan Jalan Sudirman..

Mmmmm.... Pernah stay di Pekanbaru ya Pak..? He he..

Sebagai keterangan foto, gedung yang seperti "kitab Alqur'an terbuka" itu adalah Gedung Arsip Daerah / Perpustakaan "Soeman HS".. (6lantai)

Yang keliatan dari tugu pesawat itu Gedung Pemerintah yang baru, satu kompleks dengan Kantor GUBRI yang lama.. (9lantai)

Bot Tugu Pesawat.. Bapak benar. Dah sejak jaman dahulu kala.. Usianya bisa jadi lebih tua dari usia saya.. He he.. Paling warna catnya aja yang diganti..

Oya, The Peak Hotel and Apartment lagi dibangun di Jl. Ahmad Yani. Gosip2nya sih 29 lantai.

Salam juga Pak..

Anonim mengatakan...

wuih .... udah 7 tahun gak mampir ke pekanbaru, rasanya udah seperti megapolitan aja tuh. klo liat foto2nyya ... wow, udah banyak gedung pencakar langit yah. foto yang terakhir itu foto apa chi?

* i miss pekanbaru ... terutama kubang raya :)

Suzi Leoni mengatakan...

@ nRa

Amin ya Robb..
Mudah2an suatu hari nanti Pekanbaru benar2 menjadi kota megapolitan..

Pencakar langit..?
Kayaknya belum ada yang hampir nyakar langit kayak Taipei 101 deh..
He he..

Foto yang terakhir itu Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah yang baru nRa.. Yang di sebelah gedung BI.. Masih ingat tak..?

Kubang Raya..?
Ya iyalahhhhh..
"Kampus" SMU PLUS ada di sana kan..?
He he..